[Update] Terbaru-Kegiatan KMD (Kurus Mahir Dasar Pramuka) PGSD Universitas Pelita Bangsa Cikarang-Bekasi.

Salam Pramuka !

Gerakan Pramuka menjadi salah satu wadah pembinaan karakter dan pengembangan sumberdaya manusia terutama bagi generasi muda. Pembentukan gerakan pramuka dilakukan dengan berbagai kegiatan kepramukaan. Salah satu kegiataan kepramukaan yaitu Kursus Mahir  Dasar (KMD). KMD merupakan suatu kegiatan pembinaan yang bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan, kemampuan dasar dan mendapatkan pengalaman praktis. PGSD Universitas Pelita Bangsa mengadakan kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD). KMD menjadi bagian dari kurikulum di mata kuliah kepramukaan PGSD Universitas Pelita Bangsa dan sebagai salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa PGSD Universitas Pelita Bangsa. Selain itu, pelaksanaan KMD bagi mahasiswa PGSD Universitas Pelita Bangsa sebagai cara membentuk calon guru professional yang memiliki karakter unggul, sesuai dengan tema KMD I yaitu Mencetak Pembina Pramuka yang Berkompeten dan Berkarakter Unggul.

Sebanyak lima puluh empat orang Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah dasar (PGSD) Universitas Pelita Bangsa Cikarang-Bekasi mengikuti Kursus Pembina Mahir  Dasar (KMD) pada tanggal 10 Januari 2022 sampai dengan 15 Januari 2022. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat, dengan penyajian materi indoor selama 3 hari di Aula C Gedung B Lantai 6 Universitas Pelita Bangsa Cikarang-Bekasi. Selanjutnya materi outdoor selama 3 hari di Bumi Perkemahan (Bumper) Karangkitri di Desa Karang Mulya Kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Acara pembukaan KMD dibuka oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Bekasi, Kak H.R Yana Suyatna, S.IP.,M.Si, dan dihadiri juga oleh Rektor Universitas Pelita Bangsa, Kak  Hamzah Muhammad Mardi Putra,S.K.M.,M.M.,D.B.A., Wakil Rektor I Universitas Pelita Bangsa Kak Dr.Ir.Supriyanto,M.P, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora Kak Dr.Miftah Wangsadanureja, S.Pd.I.,M.Pd.I dan Kak Titin Sunaryati, S.Pd.I.,M.Pd., selaku kaprodi PGSD dan pencetus Kursus Mahir Dasar (KMD) di prodi PGSD Universitas Pelita Bangsa serta Kak Toni selaku Sebagai Kepala Pusdiklatcab Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi. Berbagai materi tentang kepramukaan dipelajari lebih dalam dalam kegiatan KMD ini. Materi tersebut disampaikan oleh langsung oleh kakak pelatih dari Pusdiklatcab Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi.

Kak Anida Aprilla sebagai perwakilan dari mahasiswa PGSD Universitas Pelita Bangsa dan menjadi lurah KMD begitu antusias mengikuti kegiatan KMD ini. Mewakili peserta beliau memaparkan bahwa “Kursus Mahir Dasar sangat penting bagi calon pendidik dan dapat memberikan bekal serta pengetahuan yang bias diimplementasikan di dunia pendidikan. KMD ini menjadi ajang transformasi cepat dalam menguasai kegiatan kepramukaan yang bisa disalurkan untuk peserta didik” tutur beliau mantap.

Kak Yana Suryana memberikan harapan terbaiknya untuk seluruh peserta KMD,” Adanya pencapaian Kursus Mahir Pembina Pramuka Dasar ini tidak lain adalah untuk mendapatkan bekal dasar dalam membina dan diakui sebagai Pembina Pramuka yang mahir tingkat dasar yang dapat diaplikasikan di Sekolah tempat mengajar dan bekal untuk Calon Guru Sekolah Dasar yang cakap tentang Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib di Sekolah Dasar”.

Semoga ilmu yang didapat selama KMD bermanfaat bagi mahasiswa PGSD calon pendidik sehingga pengetahuan yang didapatkan selama KMD bisa diaplikasikan untuk peserta didik. Mari wujudkan Mahasiswa PGSD Universitas Pelita Bangsa menuju gugus depan Pramuka yang berkompeten dan berkarakter unggul.

Written by